Merawat Tubuh Ayam Aduan Muda

Diposting pada

Merawat Tubuh Ayam Aduan MudaMerawat Tubuh Ayam Aduan Muda Agar Tidak Cepat Lelah

Merawat Tubuh Ayam Aduan Muda bisa di lakukan dengan perawatan dan juga pelatihan yg di khususkan untuk aduan muda sabung ayam.

Kita sebagai penggemar atau pecinta ayam aduan, pasti mengetahui pemanfaatan unggas dalam berbagai hal. Dimana terdapat unggas yg di ambil telurnya hingga dagingnya.

Dan selain itu, unggas bisa di manfaatkan sebagai aduan di arena sabung ayam di Indonesia. Dan sebagai aduan, kita sebagai pengadu harus pintar – pintar merawat unggas aduan agar selalu dalam keadaan prima dan siap bertarung.

Dimana kalian harus bisa Merawat Tubuh Ayam Aduan Muda dari mudah hingga dewasa. Dan berikut ini adalah beberapa tips yg bisa kamu lakukan atau ikuti agar memiliki unggas aduan dengan kualitas baik.

Cara Merawat Ayam aduan Terbaik

1. Perawatan Untuk Ayam yg Baru Menetas

Masa pengeraman ayam hingga telur menetas adalah 21 hari. Dimana setelah menetas pastikan unggas di simpan di dalam kandang khusus yg memilki lampu bohlam untuk memberikan kehatan pada malam hari.

2. Cara merawat Anak Ayam Untuk Usia 3 Bulan

Saat ayam mencapa umur 3 bulan, kandang yg biasa di tinggalinya sebagai anak unggas akan terasa sempit. Oleh karena itu sediakan halaman yg cukup agar lebih leluasa.

Dan untuk makannya, kalian bisa berikan pakanayam berupa pur dengan ukuran kecil. Selain itu pastikan kandang yg di gunakan sebagai tempat tinggal unggas tersebut selalu bersih. Dimana kalian bisa bersihkan kandang seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Karena jika kandang di biarkan kotor, hal tersebut menjadi tempat penyakit berkembang biak. Dimana ayam pada umur ini masih belum memiliki kekebalan tubuh yg baik.

Dan pastikan berikan suplemen dan juga vitamin yg di campurkan ke dalam pakannya agar kesehatannya terjamin.

3. Merawat Ayam Aduan Pada Usia 3 Bulan Keatas

Jika usia ayam tersebut sudah melebihi 3 bulan, maka kalian dapat berikan pakan unggas yg lebih bervariasi. Contohnya anda dapat memberikan unggas pakan dengan dedak yg di campur dengan beras dan juga jagung.

Dimana pada usia ini perilaku unggas aduan bisa di lihat dari usia ini. Karena unggas aduan akan lebih suka bertengkar dengan ayam lain untuk mempertahankan wilayah kekuasaannya.

4. Cara merawat Anak Ayam Untuk Usia 6 Bulan

Jika telah terlihat perilaku unggas tersebut suka bertengkar dengan pejantan kecil lainnya. Maka kalian harus pisahkan ayam tersebut.

Dimana kalian dapat keluarkan ayam ke halaman yg lebih terbuka, akank tetapi harus di ikat agar tidak melarikan diri dari tempat kita. Hal tersebut di perlukan agar otot – otot pada unggas dapat terbentuk dengan baik dan tidak kaku.

Selain itu biarkan ayam mandi dengan tanah. Dimana hal ini berfungsi baik sebagai pertumbuhan tulang yg sehat.

5. Merawat Ayam Aduan Pada Usia 6 Bulan Keatas

Di tahap ini, anda dapat gunakan berbagai macam kombinasi pakan ayam. Akan tetapi harus perhatikan gizi dan juga vitamin yg di berikan.

Agar ayam tidak terlalu kurus maupun terlalu berisi. Dimana pada usia ini, unggas memiliki tubuh yg ideal dan sesuai dengan ukuran badan yg normal

6. Cara merawat Anak Ayam Untuk Usia 10 Bulan

Pada tahap ini, ayam dapat di latih secara rutin untuk mendapatkan bentuk tubuh yg baik. Karena memiliki tulang dan otot yg baik.

Dimana bulu – bulunya telah tumbuh dengan sempurna dan memiliki perawakan yg gagah.

7. Cara memandikan ayam aduan

Memandikan ayam akank berfungsi sebagai pengerasan dan perkembangan otot. Dimana dalam memandikan unggas pastikan air dalam temperatur yg normal.

Dan setelah kalian selesai memandikan ayam aduan, biarkan atau jemur secukupnya dengan sinar matahari pagi dari jam 8 hingga 10.

Dimana pada jam tersebut, kalian dapat mengeringkan tubuh ayam aduan sekaliagus membiarkan unggas menyerap vitamin dari sinar matahari.

8. Pemisahan Ayam aduan

Pemisahan ayam aduan muda sangatlah penting. Agar unggas yg kita rawat tidak melukai unggas lain. Dimana hal tersebut bisa di lakukankd engan memberikan kandang yg berbeda agar tidak terjadi petarungan yg menyebabkan luka maupun cidera yg di alami setelah bertarung.

9. Jamu Herbal Untuk Ayam aduan muda

Jika kalian memiliki unggas aduan muda, pemberian jamu yg teratur menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan aduan muda handal di arena sabung ayam.

Dimana jamu yg di racik sendiri lebih baik daripada jamu kimia buatan pabrik. Akan tetapi terkadang bahan yg diperlukan oleh ayam di buat dari pabrik.

Dan dalam meramu jamu herbal alami, memiliki bahan – bahan seperti madu, gula merha, kujnyit, dan sebagainya. Dan fungsi jamu ini bisa di berikan dengna mudah karena jamu akan memberikan vitamin dan suplemen penting untuk Ayam aduan muda.

10. Pakan Alami (Buatan Sendiri )

Membuat makanan alami dapat berguna untuk ayam aduan muda. Dimana kalian dapat mengatur makanan – makanan apa yg diberikan untuk menambahkan tenaga, stamina, dan juga kekuatannya.

Selain itu anda dapat juga memberikan serangga kecil seperti kroto, jangkrik, bahkan anak tikus dapat memberi nutrisi yg di perlukan oleh ayam aduan muda.

11. Latihan Fisik untuk ayam

Selain berbagai hal diatas, unggas perlu melakukan latihan fisik. COntoh latihan lari agar unggas dapat memukul ayam lawan dengan keras. Dan bisa juga di latih dengan memasukkan unggas ke dalam kolam kecil dimana unggas akan berusaha untuk tidak tenggalam. Diman secara otomatis unggas akan melatih otot kakinya.

Baca juga : Ayam Bangkok Siam Asli